Hanya cerita sesama pejuang tiroid. Kanker tiroid dan gangguan tiroid lainnya. Jangan kalah jangan menyerah Keputusasaan yang mengalahkanmu Bukan KANKER!

Monday, March 21, 2016

Biaya Check Up tiroid


Apa yang paling mendebar-debarkan selain menunggu keluarnya rincian biaya pengobatan? Haha yap, nominal yang harus dibayar. Tak diragukan lagi hal inilah yang paling membuat sebagian besar dari kita enggan untuk berobat ke dokter. Bener apa bener. Oiya let me sharing. Ini beberapa rincian biaya dari rangkaian pemeriksaan tiroid yang pernah saya lakukan pertengahan tahun 2015-2016, Semoga bermanfaat:
1.      Hematologi Lengkap  (dibutuhkan sebelum terapi) harganya Rp 75.650,- (Tahun 2015 di laboratorium klinik swasta di Bandung)
2.     TSHs Harga di Laboratorium klinik swasta dan rumah sakit umum tahun 2016 sama yaitu Rp 187.000,-
3.     Tyroglobulin (dibutuhkan untuk kontrol 6 bulanan saat puasa thyrax) harga di Laboratorium klinik swasta di Bandung Rp 357.000,-
4.     Anti Tyroglobulin (dibutuhkan untuk kontrol 6 bulanan saat puasa thyrax) harga di Laboratorium klinik swasta di Bandung Rp 408.000,-
5.     Thorax PA (CR) (cek ini diperlukan untuk persiapan sebelum terapi ablasi) harga di Laboratorium klinik swasta Rp 139.000,-
6.     USG Thyroid, harga di rumah sakit umum di Bandung Rp 150.000,-
7.     USG Massa (Leher), harga di rumah sakit umum di Bandung Rp 100.000,-
8.     MRI (Magnetic Resonance Imaging), harga di rumah sakit bervariasi tapi rata-rata mencapai 2-4 juta rupiah tergantung bagian mana yang dilihat

Ya, ini hanya untuk sebagai perkiraan siapa tahu suatu waktu nanti membutuhkan. Daftar harga ini sesuai berdasarkan pemeriksaan yang telah saya lakukan jadi tidak sembarangan mencantumkan angka. Namun jika hendak berhemat, gunakanlah fasilitas BPJS yang anda miliki. InsyaAllah beberapa pemeriksaan gratis. Beberapa cek darah yang super mahalpun saya menggunakan BPJS walaupun hasilnya jadi beberapa minggu lebih lama dibandingkan dengan tes sendiri ke laboratorium klinik yang harus membayar tunai. Tapi tentulah semua ada harga yang harus dibayar mau itu uang ataupun pengorbanan waktu, tenaga. Semua tergantung pilihan masing-masing pribadi. Sekali lagi semoga bermanfaat.

Salam,

Senja Januari

Reactions:

26 comments:

  1. Slm knl mba riska,, sbnrnya untuk pnyakit tiroid ini, oprasinya kira kira bpjs ditanggung ga ya mba,
    Saya udh usg 4d disruh oprasi hasilnya, saya takut biaya mba, mklum cuman buruh
    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya..operasinya ditanggung bpjs kok mbak..yg penting ada rujukan

      Delete
    2. sekarang sudah ditanggung bpjs mbak di beberapa rumah sakit. paling biasanya kalau bpjs itu antri kamar aja. jadi ada yang satu bulan tunggu baru bisa operasi, ada juga yang tunggu 3 bulan baru operasi

      Delete
    3. Bisa ditanggung bpjs tapi ada tes darah yg kita harus bayar pribadi tidak ditanggung bpjs yaitu tes darah t3 , t4 , TShs

      Delete
  2. Sangat bisa mas/mbak. tinggal minta rujukan dari faskes pertama untuk ditindak lanjuti ke rumah sakit ditunjuk untuk operasi. insya Allah ditanggung bpjs (tergantung kuota kamar inap rumah sakit ya barangkali)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak rianita kalo mau pake bpjs blg ke dokternya kita mau periksa tiroid apa tggu diagnosis dokter aja

      Delete
    2. Mbak rianita kalo mau pake bpjs blg ke dokternya kita mau periksa tiroid apa tggu diagnosis dokter aja

      Delete
    3. ke endokrin/spesialis dalam aja untuk cek tiroidnya

      Delete
    4. apakah di spesialis dalam. bisa pakai BPJS

      Delete
    5. Bpjs rata2 menanggung biaya pengobatan asal sesuai jenjang. Jadi dari faskes 1 ke rsud misalnya ke spesialis penyakit dalam. Dsb

      Delete
  3. Replies
    1. gak ada stadiumnya hhe. cuma jenis kankernya aja. kanker tiroid papiler. tapi kalau dilihat dari ukuran dan ada/tidaknya penyebaran pernah liat di salah satu seminar masuknya stadium 1

      Delete
  4. Terima kasih informasinya.. Sangat membantu sehingga kami bisa periksa dgn ancer ancer biaya tersebut

    ReplyDelete
  5. Apakah bener pengobatan tiroid ditanggung oleh BPJS? Sy disuruh test T3, FT4 dan TSH berdasarkan rujukan dokter faskes 1 ke dokter bedah umum RS S**tosa, tp tidak dicover oleh BPJS...kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf nya ikut nimbrung tp jawabannya agak melenceng ..
      Saya juga berobat di rumah sakit suasta di Tangerang ..
      Untuk cek LAB tidak di tangungboleh BPJS tapi ada salah satu dokter yg memberi tahu saya kalo berobat di RSU biaya semua di tangung BPJS ..
      Tp saya juga belum coba pindah rumah sakit

      Delete
    2. Maaf nya ikut nimbrung tp jawabannya agak melenceng ..
      Saya juga berobat di rumah sakit suasta di Tangerang ..
      Untuk cek LAB tidak di tangungboleh BPJS tapi ada salah satu dokter yg memberi tahu saya kalo berobat di RSU biaya semua di tangung BPJS ..
      Tp saya juga belum coba pindah rumah sakit

      Delete
    3. Tidak semua rumah sakit memang. kalau saya di RS umum pemerintah Hasan Sadikin kontrolnya sehingga hampir semua tes lab dicover bpjs. Kalau sebelum dirujuk ke RSUP dulu kalau check up ke RS swasta (Faskes 2) memang tidak dicover

      Delete
    4. Ikut sharing, kalo sesuai rujukan dokter, biaya cek lab nya ditanggung bpjs,ini pengalaman sy yg jg periksa di rs swasta

      Delete
    5. Dengar2 ada beberapa tea lab yg tidak ditanggung lagi sama bpjs per mei ini. Hiks. Kasihan teman2 yg lain jadinya

      Delete
  6. Hai salam kenal semua.. Saya juga post op. Tiroidektomi sebelah kiri 9 maret 2018 kemarin. Massa yg diangkat kurang lebih sekitar 5cm. Sekarang konsumsi euthyrox 100mg per hari juga. Diagnosanya papilary carsinoma foliculer variant. Dan saya dari awal pakai bpjs. Karena suami pns jadi bpjs saya kelas 1. Dan saya minta rujukan ke rumah sakit umum daerah, tingkatan kabupaten. Cek semuanya gratis. Kecuali saat usg awal saja yg saya usg diluar karena menunggu jadwal usg waktu itu 4 minggu dan fnab langsung ke dokter sp.PA. Selebihnya jadwal operasi 1 bulan kemudian. Saat operasi minta naik kelas ke vip, dioperasinya di OK Paviliun VIP. Karena naik kelas, hanya bayar selisih bayar. Dan katanya max hanya 75 persen aja kita bayarnya. Tapi saat itu saya bayar lebih sedikit dari 75 persen itu. Oh ya, jika ada pertanyaan tentang bpjs, kebetulan kantor bpjs daerah saya sangat mau menjelaskan. Jadi bisa lho kita tanya2 ke bpjs atau admin rumah sakit tentang biaya. Semoga pengalaman saya bisa membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Tiwi.. mau tanya. Setelah operasi yg kiri apakah disarankan untuk diangkat juga yg kanan? Setelah operasi kemarin yg kiri ceknya ke spesialis dalam ya? Mohon jawabannya karena saya pun baru selesai operasi

      Delete
  7. mba @pratiwi mau tanya klo ktp luar daerah bisa bikin di jakarta ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba saja ke bpjs terdekat mbak. Tanya dulu syarat2nya apa di sana.mana bpjs membantu banget kok mbak parhanudin riya

      Delete
  8. Aku 3 taun lalu ada nodul tiroid trus sm internis dikasih obat levrotyroxin ..nodulnya kempes..skrank mulai membesar lagi ..operasi nodul tiroid pake bpjs amankah.. aku juga takut harus di operasi nodulnya,

    ReplyDelete
  9. maaf mbak kira2 klo operasi biayanya berapa ya??

    ReplyDelete
  10. Mbak, aku mau nanya
    Kalo cek tiroid itu harus semua ya gitu mbak?
    Makasih mbakk

    ReplyDelete

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

About Me

About Riska

Panggil saja RISKA
Thyroid Cancer Survivor dari Bandung, Indonesia. 24 Y.o. Akuntan di sebuah perusahaan swasta.
Diagnosa Kanker tiroid Papiler tahun 2015 menjalani 2 kali operasi pengangkatan tiroid dan ablasi di RSHS Bandung di tahun yang sama
Ada gangguan tiroid juga? Yuk sini cerita, feel free to share :)
I'm Young but Stronger than CANCER !

Popular Posts

Categories

statistics

Copyright © Curhatan Pejuang Tiroid | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com