Monday, February 27, 2017

Selamat pagi :)
Assalammualaikum ketemu lagik. Gak sopan banget ya terakhir posting bulan apa hhu :(

Kali ini riska mau cerita tentang Low iodine diet (Diet rendah Yodium). Kenapa ka tiba-tiba cerita Low iodine diet? Riska mulai bulan ini dikasih PR berat dari Dokter untuk menerapkan low iodine diet ketat selama 6 bulan ke depan. *nangis bombay lebay*  iya soalnya hasil lab per 6 bulannya makin ke sini malah makin jelek. Kalau biasanya untuk persiapan RAI scan atau whole body scanning hanya butuh diet rendah yodium 1-3 minggu aja. Waktu lama atau tidaknya sesuai anjuran dokter ya.

Kali ini mau sharing artikel dari thyca.org. Thyca.org merupakan asosiasi terbesar pejuang kanker tiroid. Sudah sejak 1995 melayani dan memberi informasi semua tentang tiroid. Silakan di cek-cek websitenya :)

Low Iodine Diet (Diet Rendah Yodium) biasanya disarankan kepada pasien yang akan menghadapi RAI scan atau whole body scanning juga perawatan khusus yang disarankan oleh dokter yang menangani disesuaikan dengan kondisi pasien tersebut. Contohnya saya kemarin disarankan melakukan low iodine diet karena ada hasil lab yang kurang baik sehingga untuk mempersiapkan kontrol kesehatan 6 bulan ke depan dokter menyarankan demikian.

APA ITU LOW IODINE DIET?
 
"Low Iodine Diet (Diet Rendah Yodium) adalah diet khusus yang membatasi jumlah yodium  melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Tujuan dari diet rendah yodium adalah untuk menguras tubuh dari sumber-sumber yodium intinya sih membuat tubuh "kelaparan" dari yodium sehingga ketika yodium radioaktif diberikan, sel-sel tiroid akan "menyerap" yodium, yang pada akhirnya akan menghancurkan mereka."

Oiya, jika mbak mas sekalian akan melaksanakan low iodine diet semoga artikel ini bisa membantu terkait apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Yuk ah sama-sama belajar
  
Sebuah diet rendah yodium maksudnya adalah meminimalisir asupan yodium bukan melarang yodium sama sekali dalam tubuh. It's Low in iodine, not "No-iodine". Jadi boleh ada yodium masuk ke dalam tubuh tapi maksimal hanya sebesar kurang dari 50 mikrogram per hari. Satu sendok teh garam beryodium mengandung 400 mcg yodium. Sebenarnya aturan berapa gram per hari tiap-tiap dokter spesialis kanker tiroid memiliki rujukannya masing-masing. Tapi nominal tersebut merupakan rangkuman atas rekomendasi-rekomendasi dokter-dokter yang dirangkum Thyca.

Sumber : Check Your Neck


DONT'S
 Hindari Makanan dan Minuman, sumber (Thyca.org)berikut ini:
  1. Garam beryodium, garam laut, dan setiap makanan yang mengandung garam beryodium dan garam laut 
  2. Makanan Laut dan laut produk, termasuk karagenan, agar-agar, algin, alginat, dan nori 
  3. Produk susu (susu, keju, krim, yogurt, mentega, es krim, creamers susu bubuk, whey, kasein, produk susu lainnya)
    Catatan: Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2004 dalam Journal of Endocrinology Clinical and Metabolism dilaporkan pada tes dari 18 merek susu di wilayah Boston, Massachusetts. Ini melaporkan bahwa 250 ml susu (sekitar 8 ons, atau 1 cangkir, atau 16 sendok) mengandung 88-168 mikrogram yodium atau rata-rata 115 mcg
  4. Kuning telur atau telur utuh atau makanan dengan telur utuh. Putih telur dapat diterima, karena mengandung sedikit atau tidak ada yodium. (Beberapa diet yodium rendah memungkinkan makanan dengan jumlah yang sangat kecil dari telur, jika tidak tercantum dalam tiga bahan pertama pada label. Resep-resep dalam penggunaan buku resep hanya putih telur.)
  5. Produk roti dengan yodium / kondisioner adonan iodat atau bahan tinggi yodium. Roti-roti dengan takaran rendah yodium masih diperbolehkan
  6. Red Dye # 3, eritrosin (atau E127 di Eropa--- semacam pewarna makanan berwarna merah. Namun, Red Dye # 40 masih diperbolehkan. Kami sarankan Anda menghindari merah, oranye, atau coklat makanan olahan, pil, dan kapsul. Banyak merah, merah-oranye, dan pewarna makanan coklat mengandung yodium dan harus dihindari.
  7. Kebanyakan coklat (karena terdapat kandungan susu). Coklat bubuk dan beberapa coklat gelap diperbolehkan 
  8. Kacang kedelai dan produk kedelai seperti kecap, tempe, tahu, susu kedelai. (Namun, minyak kedelai diperbolehkan). The National Institutes of Health diet mengatakan kacang yang harus dihindari diantaranya: kacang merah ginjal, kacang lima, kacang navy, kacang pinto, dan kecipir. diet lainnya tidak membatasi kacang.
  9. Vitamin dan suplemen makanan yang mengandung iodine
  10. Jika Anda mengambil obat yang mengandung yodium atau merah pewarna # 3, periksa dengan dokter Anda.
Sumber: www.everydayallierae.com


DO'S
Makanan dan Minuman yang diperbolehkan, sumber (Thyca.org)berikut ini:
  1. Buah-buahan segar dan sayuran, kacang tanpa garam, putih telur, daging segar (tidak memberikan kaldu disuntik) dengan beberapa diet membatasi asupan untuk 6 ons sehari, biji-bijian dan produk sereal tanpa bahan tinggi yodium (beberapa batas diet untuk 4 porsi hari), pasta tanpa bahan high-yodium 
  2. Gula, jelly, selai, madu, sirup maple, lada hitam, segar atau kering bumbu dan rempah-rempah, semua minyak nabati (termasuk minyak kedelai)
  3. Soda (kecuali dengan Red Dye # 3 atau E127 di Eropa), cola, diet cola,  
  4. Kopi non-instan, teh non-instan, limun, jus buah 
  5. Roti buatan sendiri (tanpa bahan kuning telur, susu atau garam beryodium)
  6. Baca daftar bahan pada semua makanan kemasan. Periksa dan tanyakan pada dokter mengenai obat yang kita pakai

Ada juga yang menyarankan lebih baik tidak sering-sering atau bahkan hindari makan di restoran apalagi semacam fast food. karena garam yang digunakan tentu melebihi dengan apa yang tubuh kita butuhkan jika sedang melakukan diet rendah yodium.


Nah itu dia, apa-apa yang boleh dan apa-apa yang tidak boleh. Artikel ini sengaja saya terjemahkan untuk sama-sama memudahkan. Karena banyak sekali ilmu dan informasi yang sebenarnya kita butuhkan tapi kadang males baca yak gara-gara bahasa asing :'' Semoga bisa membantu ya. Sama-sama berjuang. Oiya untuk memudahkan Thyca.org juga menyediakan buku resep untuk para pejuang diet rendah yodium. Silakan di-download saja ya mbak masnyaaa :)


Resep-resep Low Iodine Diet (Diet Rendah Yodium) bisa di download disini :
Low Iodine Diet - Cookbook 



Salam,

Senja Januari

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes