0

PITA TOSCA GOES TO BANDUNG!

Posted by Rianita Riska Diana on Monday, May 22, 2017


Assalammu’alaikum
Selamat Pagi!
Kali ini Riska mau sharing tentang pertemuan menyenangkan tanggal 17 Mei 2017 kemarin di Ruang Pertemuan Diagnostic & Cardiac Center Lantai 7 RSUP Hasan Sadikin Bandung. Jadi, kemarin itu sebenarnya ada helatan acara tahunan RSUP Hasan Sadikin yaitu 9th International Thyroid Awareness Week (ITAW) dengan tagline “It’s not you, it’s your thyroid”. Acara kali ini mengambil tema yang cukup umum tapi jarang banget orang umum dapet informasi ini dengan mudah yaitu “Kenali Tiroid Anda”

Acara kali ini petjaahh banget sih karena menghadirkan banyak pembicara keren, yaitu:
a.   Prof. Dr. Johan S. Masjhur, dr, SpPD. KEMD, SpKN(K), HFANMB
b.   Prof. Dr. Sri Hartini KS Kariadi, dr, SpPD-KEMD
c.   Dr. Dimyati Achmad dr,SpB(K)Onk
d.   Miftahurrahman, dr, SpPD-KEMD, M.Kes
e.   Faisal, dr, SpA(K), M.Kes
f.    Rd.Yohana A, dr, SpB(K)Onk
g.   Rd. Erwin Affandi, dr, SpKN, FANMB, MH.Kes



Peserta yang hadir ternyata luar biasa membludak sih. Diluar ekspektasi kalau saya. Karena kan kalau gak salah dibatasi hanya sekitar berapa ratus orang namun ternyata di hari H banyak sekali yang daftar on the spot jadilah duduknya di belakang hikssss L Tapi anyway menyenangkan banget sih acara besar yang bekerja sama dengan Merck Tbk dan Laboratorium Pramita ini dibuka untuk umum dan Gratis pula. Tapi tenang kita gak kelaperan hhe soalnya waktu di pendaftaran abis di cap masuk langsung dikasih satu goody bag pramita yang didalamnya ada beberapa brosur pemeriksaan dan satu lembar tanda diskon 25% pemeriksaan Lab di pramita aaaakkkkk :DDDDDD hahaha kesenengan. Nah selain itu peserta juga dikasih satu dus konsumsi berlabel pramita yang isinya satu botol air mineral ukuran 380 ml, lontong dan dua roti manis. Lumayan banget enak banget 

Awal acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Studi Tiroidologi Indonesia siapa lagi kalau bukan orang yang telah berjasa mengembangkan susah payah kedokteran nuklir untuk pengobatan Tiroid dialah Prof. Dr. Johan S. Masjhur. Di usia yang sudah senja ternyata tidak menyurutkan semangat untuk terus berbagi ilmu dengan banyak orang.

      Kemudian sesi selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dipandu moderator yakni Prof. Dr. Sri Hartini KS Kariadi, dr, SpPD-KEMD beliau menjadi moderator dua materi yakni materi pertama mengenai “Mengenal Tiroid dan Masalahmu” yang disampaikan oleh Miftahurrahman, dr, SpPD-KEMD, M.Kes kemudian sesi kedua pemaparan materi tentang “Deteksi dan Tatakelola Kelainan tiroid pada Anak” yang disampaikan oleh Faisal, dr, SpA(K), M.Kes. Setelah pemaparan selesai kemudian dibukalah sesi tanya jawab yang saat itu hanya diterima dua penanya padahal penonton antusiasnya luar biasa. 

      Kemudian sesi ketiga ada materi yang gak kalah penting yang dimoderatori oleh Dr. Dimyati Achmad dr,SpB(K)Onk yang memaparkan materi “seputar pembedahan tiroid” –Maafkan ya riska kurang nyimak diawal hhe jadi judulnya gak tau. Ya intinya materinya tentang itu hehe. Kemudian materi selanjutnya yang gak kalah penting itu disampaikan oleh Dokter yang juga menangani saya di kedokteran nuklir hehe yaknii Rd. Erwin Affandi, dr, SpKN, FANMB, MH.Kes. Beliau memaparkan tentang “Diagnostik dan Terapi Kedokteran Nuklir pada kelainan Tiroid”. Setelah selesai juga ada sesi tanya jawab namun lagi-lagi hanya dua orang yang diterima. Sisanya kecewa L tapi Dr. Dimyati menyarankan untuk menyampaikan pertanyaan langsung ke Web RSHS http://web.rshs.or.id  bagi yang ingin sekali bertanya namun tidak diberi kesempatan.

Acara ini usai pukul 13.00 ditutup dengan berbagai macam pembagian doorprize dan foto bersama dengan dokter-dokter kece. Oiya tak lupa fotonya bareng temen-temen seperjuangan Pita Tosca yang dateng dari Jakarta, Bogor juga Bekasi. Kusenang Kuterharu hahaha

(Kiri ke Kanan) Riska - Mimi Laksmi - Annisa - Bu Lita - Kak Bunga - Teh Nina - Aida Fadhila

Foto Sebelumnya cuam nambah Bu Eti, Bu Dewi, Bu Yani dan Kakak tercinta sama Kak Anchi yang cute :)


Foto Bareng Pita Tosca, Tim Bandung Cancer Society dan Dr Erwin :')

Another Pose~

 Cause candid never fail~

Maafin nyampah, tapi kusenang :’))))))) 

Oiya setelah postingan ini insyaAllah riska share ya materi-materi kece yang sempat ke catet, see ya!




Salam,

Senja Januari
 


0

MENGENAL TIROID DAN MASALAHNYA

Posted by Rianita Riska Diana on Thursday, May 18, 2017 in , , , ,
Pembicara:
Miftahurrahman, dr, SpPD-KEMD, M.Kes
Dalam Acara International Thyroid Awareness Week 
di Ruang Cardiac Center RS. Hasan Sadikin  
Rabu, 17 Mei 2017




Kelenjar tiroid itu bentuknya seperti kupu-kupu, kalau dari gambar di atas yang berwarna ungu ada bulatan hitam empat. Nah bulatan hitam itu lah yang disebut paratiroid. Paratiroid itu fungsinya untuk metabolisme kalsium. Maka tak jarang yang selepas operasi pengangkatan tiroid mengeluhkan keram-keram, kebas dan sebagainya. Karena berarti kelenjar paratiroidnya ikut terangkat sehingga pasien yang telah dilakukan pengangkatan tiroid sangat diperhatikan asupan kalsiumnya.


Sumber: Foto dari Kamera waktu seminar

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yaitu T4 Dan T3. T3 dan T4 yang dihasilkan ini bahan bakunya adalah yodium yang kita konsumsi. Fungsi kelenjar tiroid itu satu yaitu metabolisme. Seluruh tubuh membutuhkan tiroid. Untuk Metabolisme lemak, metabolisme karbohidrat, metabolisme protein, dll. Fungsi daya tahan tubuh juga termasuk dari fungsi hormon tiroid


LANGKAH-LANGKAH MENGHADAPI KELAINAN TIROID
Setiap pembesaran kelenjar tiroid itu struma atau gondok.

Cek ketika minum ada benjolan gak ada yang Naik turun gak? Rata gak?

Karena gejala-gejala gangguan tiroid itu seringnya dengan gejala-gejala ringan, misalnya kala itu ada seorang pasien yang mengeluhkan sering berkeringat? Ternyata setelah diperiksa ada pembesaran tiroid diffuse (merata)


Pembesaran struma itu cuma ada dua garis besar:
  1. Pembesarannya Nodul : apakah nodul jinak atau tidak jinak
  2. Pembesarannya difusa (merata) : beracun atau tidak beracun/hormon rendah (hipotiroid)

Pendekatan diagnosis Dan terapi
Nodul tidak jinak:
Pendekatannya:
  1. Amnesis/tanya jawab: kecepatan tumbuhnya (pelan-pelan bertahun-tahun atau cepat hanya dalam hitungan bulan langsung membesar), ada atau tidak gejala mekaniknya (yakni ada atau tidaknya yang mengganjal di leher)
  2. Pemeriksaan fisik: diraba cek apakah benjolan nodulnya keras atau kenyal, bisa digerakkan atau tidak.
  3. Pemeriksaan penunjang: usg, cek laboratorium, sidik tiroid, biopsi, 
  4. Tata Laksananya: ablasi atau obat supresi

Sumber: Penyakitgondok.com


Struma difusa:
Pendekatannya:
  1. Amnesis/Tanya jawab: mudah lelah, mudah berkeringat, telapak tangan basah, jantung berdebar, Mata menonjol, berat badan drop langsung turun tapi nafsu makan gak turun, haid tidak teratur, sulit punya anak, tremor, 
  2. Pemeriksaan fisik: diraba cek apakah benjolan nodulnya keras atau kenyal, bisa digerakkan atau tidak
  3. Pemeriksaan penunjang: cek laboratorium T3 T4 TSH, USG, biopsi, sidik tiroid
  4. Tata laksana: obat (PTU, propanolol (utk mengurangi tremor) dll), operasi atau ablasi
Sumber: Google.com
Gambar diatas merupakan contoh dari pembesar kelenjar tiroid secara merata (Difusa)

Berikut ini efek-efek gangguan tiroid terhadap tubuh


Gangguan pada hipertiroid itu banyak ada hipotiroid, hipertiroid, kanker tiroid, hashimoto. Gondok beracun juga dapat mengakibatkan grave disease: proses autoimmune (daya tahan menyerang tiroidnya sendiri. Efek lainnya dari grave itu menyebabkan mata menonjol ke luar.


Kenali gejalanya, Obati penyakitnya



Salam,

Senja Januari

Copyright © 2009 CURHATAN PEJUANG TIROID All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.